Informasi tentang data pemerintahan dan kegiatan pemerintahan Desa Seketi

UM KKN 2017

Selasa, 13 Juni 2017

Pelatihan Pembuatan Bioetanol (Proker 7)


Senin pada tanggal 5 Juni 2017, tepatnya di balai Desa Seketi, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri telah di selenggarakan Pelatihan Pembuatan Bioetanol yang diadakan oleh mahasiswa/mahasiswi KKN Universitas Negeri Malang. Alasan diadakannya pelatihan pembuatan bioetanol bertujuan untuk mewujudkan desa yang mandiri energi, mengingat sumber energi minyak bumi di dunia sudah mulai menipis. Selain itu aspek yang diperhatikan oleh penyelenggara pelatihan pembuatan bioetanol karena lokasi Desa Seketi sangat dekat dengan Pabrik Gula Ngadirejo sehingga mudah untuk mendapatkan “tetes tebu” untuk bahan baku pembuatan bioetanol.


Acara pelatihan pembuatan bioetanol dimulai pukul 3 sore waktu setempat dengan pemateri dari salah satu mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yaitu Depril Aka Laksana dari Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Hukum dan Kewarganeraan. Sasaran acara pelatihan ini ditujukan kepada kelompok tani Desa Seketi. Acara berlangsung dengan cukup lancar, tetapi ada sedikit kendala yang menghambat mengenai kehadiran peserta pelatihan. Peserta yang diundang oleh pihak penyelenggara 40 orang, tetapi yang bisa menghadiri hanya 20 orang atau 50% dari yang diharapkan penyelenggara.



Rangkaian kegiatan pelatihan dimulai oleh pembukaan dari bapak Sucipto selaku ketua kelompok tani Desa Seketi. dan dilanjutkan sambutan oleh Bapak Kamim selaku Kepala Desa Seketi. Setelah pembukaan selesai masuk pada kegiatan inti yaitu Pelatihan Pembuatan Bioetanol yang dipandu Depril Aka Laksana selaku pemateri pelatihan.



Pada kegiatan inti ini peserta dijelaskan mengenai apa itu bioetanol, kegunaannya, kelebihan bioetanol, serta langkah-langkah untuk membuat bioetanol secara lengkap dan terperinci. Antusisas untuk mengetahui cara pembuatan bioetanol dari peserta yang datang sangat tinggi terbukti dengan adanya banyak pertanyaan dari peserta pelatihan yang ditujukan untuk pemateri. Untuk penutupan acara pelatihan ini di tutup oleh pembacaan doa yang dipimpin oleh saudara Ahmad Atam M. salah satu mahasiswa KKN dan untuk selanjutnya pembagian konsumsi untuk peserta pelatihan.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me On Mail

kknseketi2k17@gmail.com

Follow Me On Instagram

https://www.instagram.com/kknkediri/
Kantor Desa Seketi. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

  • ()

Blogger news

Feature (Side)