Informasi tentang data pemerintahan dan kegiatan pemerintahan Desa Seketi

UM KKN 2017

Rabu, 17 Mei 2017

Sejarah Desa Seketi

Desa Seketi merupakan sebuah Desa yang berada di pinggir hilir Sungai Brantas. Desa ini sudah ada sejak jaman pendudukan Jepang di Indonesia. Awal sejarah nama Desa Seketi ini sebenarnya tidak ditemukan secara pasti tahun terbentuknya nama Desa Seketi.

Menurut cerita dari salah satu tokoh sesepuh yang ada di Desa Seketi yaitu Bapak Sahar, sejarah tentang nama Desa Seketi dimulai ketika ada saudagar dari Surabaya yang ingin berdagang dan membawa peti berharga menuju ke Tulungagung melalui Sungai Brantas. Ketika berada di tengah perjalanan, perahu saudagar melewati sebuah pusaran air yang diyakini masyarakat sekitar sungai itu merupakan tempat yang keramat untuk dilewati oleh penduduk asing. Seketika itu perahu saudagar tersebut tenggelam bersama barang dagangnya dan semua peti berharga mereka.


Setelah kejadian tersebut, banyak masyarakat yang mendapatkan barang-barang berharga dari tenggelamnya perahu saudagar tersebut. Selain itu, penduduk sekitar yang menangkap ikan di sungai tersebut mendapatkan hasil tangkapan ikan yang begitu melimpah. Hingga menyebabkan beberapa penangkap ikan mengalami hilang (kalap). Kejadian ini dipercaya oleh penduduk bahwa adanya penghuni di pusaran sungai yang ada di dekat desa mereka.

Dari cerita diatas, penduduk sekitar sungai menjadikan peristiwa tersebut sebagai nama desa mereka yaitu Desa Seketi. Desa Seketi ini berasal dari arti bahasa jawa yaitu kata "Sek" yang artinya "Tenggelam seketika itu" dan kata "Keti" yang artinya "Peti berharga yang tenggelam ke sungai".


Share:

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. akan lebih menarik bila daerah pusaran diberi sebutan"Tenggong"

    BalasHapus

Follow Me On Mail

kknseketi2k17@gmail.com

Follow Me On Instagram

https://www.instagram.com/kknkediri/
Kantor Desa Seketi. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

  • ()

Blogger news

Feature (Side)