Informasi tentang data pemerintahan dan kegiatan pemerintahan Desa Seketi

UM KKN 2017

Rabu, 14 Juni 2017

Industri Rumah Tangga - Kue Cumcum Ibu Naning


Industri rumahan ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah tanpa menyita waktu, sehingga kaum ibu pun bisa dengan mudah menyesuaikan antara aktivitas di rumah dengan jam kerjanya. Demikian yang dilakukan oleh Ibu Wahyu Nur Naning Tyas atau biasa dipanggil dengan Ibu Naning. Ibu berusia 40 tahun ini memulai usaha industri rumah tangga dengan membuat kue basah dan kue kering. Industri yang dijalankan ini sudah berlangsung selama kurang lebih 10 tahun. Industri tersebut dijalankan di rumah Ibu Naning yang beralamat di Desa Seketi, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.
           

         Ibu Naning melakukan indutri ini seorang diri karena tidak memiliki pekerja. Biasanya kue yang dibuat yaitu kue cumcum yang berbahan baku tepung, mentega, dan telur. Namun saat menjelang musim lebaran Ibu Naning membuat bermacam-macam kue kering. Kue-kue ini dijual di Pasar Bandar dan Pasa Setono Betek Kota Kediri. Laba yang dihasilkan oleh industri rumah tangga ini kurang lebih Rp.75.000,- sampai Rp.100.000 per hari. Modal yang digunakan untuk industri rumah tangga ini berasal dari modal sendiri. Ibu Naning juga pernah meminjam modal ke bank untuk membiayai usahanya.

            Industri rumah tangga yang dijalankan Ibu Naning ini juga sering disurvey oleh Dinas Perindustrian Kabupaten Kediri untuk membuat proposal pengajuan dana namun tidak ada kelanjutan. Ibu Naning merasa cukup dengan industri rumah tangga yang dijalankan, namun Ibu naning juga berharap usahanya dapat berkembang menjadi usaha industri rumahan yang lebih besar dan labanya menjanjikan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me On Mail

kknseketi2k17@gmail.com

Follow Me On Instagram

https://www.instagram.com/kknkediri/
Kantor Desa Seketi. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

  • ()

Blogger news

Feature (Side)