Informasi tentang data pemerintahan dan kegiatan pemerintahan Desa Seketi

UM KKN 2017

Selasa, 06 Juni 2017

Berkarya Tanpa Narkoba (Proker 6)


Kamis 1 Juni 2017 bertepatan dengan hari Pancasila, Kelompok Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yang ada di Desa Seketi telah melaksanakan progam kerja ke-6 yaitu Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika  dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA). Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan NAPZA mefokuskan sasaran peserta pada pemuda-pemudi Desa Seketi yang masih duduk dibangku SMP dan SMA. Dengan demikian tema yang diambil dalam progam kerja ini adalah “Generasi Muda Berkarya tanpa Narkoba”, dengan tema ini diharapkan pemuda-pemudi Desa Seketi terhindar dari bahaya penyalahgunaan NAPZA.

Kegiatan tentang bahaya penyalahgunaan NAPZA sangat penting diberikan kepada pemuda-pemudi Desa Seketi sebagai generasi muda penerus kemajuan Desa Seketi. Selain itu mengingat tingkat pemakai narkotika terbesar di Kabupaten Kediri adalah Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih, menyebabkan Desa Seketi berpotensi besar berdampak. Maka dari itu diharapkan dengan adanya progam kerja ini dapat mengedukasikan bahaya dan dampak penyalahgunaan NAPZA.


Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan NAPZA dilaksanakan di Balai Desa Seketi yang dimulai pada pukul 15.00. Acara ini dihadiri peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari pemuda-pemudi dari Desa Seketi. Selain itu juga acara ini dihadiri oleh sebagian perangkat Desa Seketi sebagai bentuk dukungan melawan Narkoba di Desa Seketi. Acara dibuka dengan sambutan-sambutan oleh Kordinator KKN desa Seketi dan Bapak Lurah desa Sekti. 



Pemberian materi bahaya NAPZA  dipandu langus oleh pemateri dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kediri yaitu Bapak Alfian Nurcahya S.IP. Dalam sesi pemaparan materi ini dipimpin langsung oleh KAUR Umum yaitu Ibu Endang sebagai  moderator.


Pemaparan materi berlangsung selama 60 menit, dengan 15 menit sebagai sesi tanya jawab.  Acara penyuluhan bahaya penyalahgunaan NAPZA berlangsung komunikatif dan interaktif. Materi yang disampaikan oleh Bapak Alfian disampaikan dengan gaya yang menyenangkan dengan contoh-contoh faktual tentang penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar peserta. Materi yang disampaikan cukup luas mulai dari larangan-larangan menggunakan narkoba oleh negara dan agama, bahanya narkoba, permasalahn narkoba di Indonesia, dampak penyalahgunaan narkoba, dansebgainya. Cara penyampainan materi yang edukatif dan ringan diharapkan akan membuat pemuda-pemudi dapat memahami bahaya dan dampak dari NAPZA. Selain itu juga pemuda-pemudi Desa Seketi diharapkan bisa menjadi agen memerangi narkotika agar keluarga dan lingkungan sekitar terselamatkan dari bahaya narkoba.


Sesi pemaparan materi diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada pemateri. Peserta cukup antusias dalam menyampaikan pertanyaan yang diajukan, namun karena waktu yang tersisa tidak banyak sesi pertanyaan hanya berlangsung selama satu sesi saja. Pada sesi tanya jawab peserta tidak hanya bertanya tentang bahaya narkoba kepada pemateri saja, tetapi juga menyampaikan tentang keluh kesah pemuda-pemudi tentang progam dan fasilitas desa terhadap perkembangan pemuda Desa Seketi.  Selanjutnya acara diakhiri dengan pembagian takjil berbuka untuk peserta acara penyuluhan penyalahgunaan NAPZA. 



Materi penyuluhan penyalahgunaan NAPZA - Download
Share:
Lokasi: Seketi, Ngadiluwih, Kediri, East Java, Indonesia

1 komentar:

Follow Me On Mail

kknseketi2k17@gmail.com

Follow Me On Instagram

https://www.instagram.com/kknkediri/
Kantor Desa Seketi. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

  • ()

Blogger news

Feature (Side)